Pages

Selasa, 28 Januari 2014

Berburu Sunrise di Puncak Gunung Ungaran

Gunung Ungaran adalah gunung yang terletak di Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Gunung ini memiliki tinggi 2050 di atas permukaan laut. Jika kita berbicara tentang Gunung Ungaran maka kita juga akan berbicara tentang Gedong Songo, Pemandian Sidomukti, perkebunan bunga dan buah kelengkeng. Saking terkenalnya buah kelengkeng khas daerah ini, penyanyi campur sari Didi Kempot mengarang lagu yang diberi judul “KELENGKENG BANDUNGAN” (bandungan: nama salah satu kecamatan di Gunung Ungaran).


Saat mendaki tim kami memilih jalur Jimbaran. Basecamp di sini diberi nama “Basecamp Mawar”. Sudah bisa ditebak mengapa tempat ini diberi nama mawar. Banyak tumbuh bunga mawar di sini. Dari basecamp mawar kita bisa melihat pemandangan Kota Ungaran dan Ambarawa di bawah. 

Aswan n Fitri menuju puncak


Dari basecamp mawar menuju puncak membutuhkan waktu 6 jam. Jika ingin berburu sunrise disarankan untuk melakukan pendakian di malam hari . Dan ketika azan subuh berkumandang kita akan mendapat kejutan dari timur. Yap , SUNRISE.

Ada sensasi yang berbeda saat menunaikan sholat subuh disini. Kalau biasanya kita sholat subuh dirumah menghadap tembok, di sini kita sholat subuh menghadap alam. Kita bener-bener bisa mengagumi ciptaan Allah. Dari pemandangan kota di bawah, matahari terbit, samudra awan, dan keindahan alam lainnya. Baru kali ini aku dibuat gag berhenti-henti bilang Subhanallah.



Saat perjalanan pulang kami bertemu dengan sekawanan anjing pemburu. Aku kira anjing-anjing ini adalah anjing liar. Kira-kira jumlahnya lebih dari sepuluh. Ternyata anjing-anjing ini ada yang punya. Masyarakat sekitar memelihara anjing untuk berburu babi hutan. 

Ini adalah pengalaman pendakian pertama yang keren banget. Aku jadi pengen muncak lagi. Ke Merbabu, Merapi, Lawu, kemana aja deh yang penting mendaki. Alasan aku pengen mendaki lagi adalah ingin melihat keindahan ciptaan Allah yang lainnya. Bukannya sok alim gals tapi ini 100% jujur.

Feel FREE

Istirahat di kebun teh

Sunrise

Unissula n Mitra Petualang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar