Pages

Senin, 14 April 2014

Tips Membantu Orang Yang Sedang Depressi

Manusia hidup tak lepas dari adanya masalah. Mulai dari masalah kecil hingga masalah besar yang membuat seseorang menjadi depressi. Bahkan jika sudah parah hal ini bisa membuat orang melakukan bunuh diri. Apaka h akan kita biarkan jika hal ini terjadi pada orang-orang terdekat kita ?

Pada tulisan saya kali ini, saya akan membagikan tips tentang membantu orang yang sedang depressi . Ada beragam cara mulai dari konseling, menulis, hingga datang ke konselor professional.
Biasanya penderita depressi memiliki ciri-ciri khusus. Dia tiba-tiba menjadi pribadi yang berbeda. Dia yang biasanya aktif bergaul dan ceria mendadak berubah menjadi suka menyendiri. Dia tidak memperhatikan penampilannya. Bahkan mungkin anda lupa kapan dia terakhir tersenyum.

Ajaklah bicara secara pribadi. Dengan menceritakan masalahnya, dia akan merasa ada orang yang peduli dengannya. Tunjukkan bahwa kamu peduli dan khawatir. Jangan gunakan kata-kata langsung seperti “ kamu sedang stress ya ?”.

Ajaklah dia untuk pergi berjalan-jalan keluar rumah seperti mendaki gunung, ke taman, atau ke mall. Bisa juga dengan melakukan sesuatu yang menarik minatnya seperti membaca buku, menonton film, menggambar, dll. Hal ini dapat membuat dia berhenti sejenak memikirkan masalahnya.

Menulis merupakan suatu kegiatan dimana kita dapat mencurahkan buah pikiran kita ke dalam lembar-lembar kertas. Menulis bisa mengurangi beban pikiran seseorang. Terdapat beberapa orang yang mungkin saja malu untuk menceritakan masalahnya kepada orang lain. Cara ini bisa dilakukan untuk tipe orang introvert (orang yang tertutup). Menulis diary atau catatan pribadi merupakan salah satu solusi mencurahkan masalah tanpa melibatkan orang lain.

Ajaklah si penderita depressi untuk berkonsultasi ke psikiater jika kondisinya sudah parah (contoh: mengancam untuk bunuh diri). Psikiater pasti lebih mengerti tentang kondisi seseorang yang sedang depressi. Psikiater mengetahui tentang langkah-langkah apa saja yang harus dijalani pasien. Dan psikiater juga mengetahui tentang obat apa saja yang harus dikonsumsi pasien.

Pada intinya adalah paling tidak untuk membantu teman yang depressi, kita harus menunjukkan sikap peduli dan selalu mendengar keluh kesahnya. Hal ini dapat membuat pederita depresi merasa memiliki teman yang siap untuk membantu.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar